Beranda > tulisan > Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Keluarga

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Keluarga

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Keluarga.

Ada pengunjung blog ini yang bertanya di sini mengenai masalah hidup yang dihadapinya.

mas apakah masalah akan selalu tetap datang selama kita menjalani kehidupan ini? bagaimanakah jika menghadapi masalah tekanan batin?

 

Kurang jelas sebetulnya apa masalah yang disampaikannya. Namun tekanan batin bisa timbul karena masalah keluarga, masalah ekonomi, masalah bisnis, masalah dengan lingkungan atau yang lainnya. Masalah-masalah hidup seperti ini yang pada hari-hari ini banyak menimpa banyak orang, dan jika tak dapat dikelola dengan baik bisa mengakibatkan tekanan batin yang berat, bahkan bisa berujung stres atau depresi.

Nah, kali ini saya khusus bahas mengenai solusi masalah keluarga.

Apa masalah keluarga yang sedang anda hadapi? Apakah soal kebutuhan yang tak tercukupi? Apakah ada komunikasi yang tak lancar dengan anggota keluarga? Atau ada perbedaan pandangan mengenai suatu hal yang kemudian membuat hubungan keluarga menjadi tidak harmonis? Atau masalah apa?

Bisa jadi masalah keluarga yang sedang Anda hadapi saat ini timbul bukan disebabkan dari dalam keluarga, namun dari faktor luar keluarga yang kemudian membuat suasana keluarga menjadi tidak nyaman. Menghadapi masalah keluarga seperti ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

Ketahui masalahnya. Ketahui betul apa masalah keluarga yang sedang anda alami. Anda harus tahu akar persoalan yang menjadi penyebab masalah itu muncul. Sebab dengan begitu, Anda akan tahu duduk masalah yang sebenarnya.

Jangan larut dalam masalah. Jangan biarkan Anda larut pada masalah. Apalagi jika sampai Anda tak tahu harus berbuat apa. Fokuskan diri Anda pada solusi yang harus diambil.

Bolehlah jika itu merupakan persoalan yang berat, untuk sejenak bersedih atau bahkan menangis agar anda merasa lebih lega. Namun jangan kemudian masalah itu memenjarakan kehidupan Anda. Anda masih punya hari esok. Masih banyak yang harus Anda lakukan dan itu jauh lebih berarti. Sebab hidup ini indah!

Cari solusi. Setelah anda tahu apa masalahnya, kemudian coba cari beberapa alternatif solusi agar masalah tersebut bisa terselesaikan. Dari beberapa alternatif solusi tersbeut, pikirkan mana solusi yang terbaik yang bisa Anda dahulukan. Dalam mencari solusi ini, tak harus Anda lakukan seorang diri, Anda bisa minta saran pada orang lain.

Minta bantuan saudara atau teman. Jika masalah keluarga tersebut tak bisa diselesaikan sendiri ada baiknya minta bantuan saudara dan teman. Jangan buang waktu untuk masalah yang tak bisa anda atasi sendiri. Ceritakan bagaimana masalahnya, dan apa solusi yang akan Anda jalankan. Dan mintalah berperan untuk membantu dalam mengatasi masalah tersebut.

Berdoa. Ya, berdoalah pada-Nya mengenai masalah keluarga yang sedang Anda hadapi. Allah adalah tempat berlabuh. Kepada-Nya segala urusan dan masalah diserahkan.

Segera selesaikan masalahnya. Tak baik memperlama-lama masalah. Jika Anda sudah mantap dengan pilihan solusinya, segera ACTION.

Ya mungkin ada kalanya Anda harus menunggu waktu yang tepat. Anda boleh memilih hal itu asal tahu kapan waktu itu tiba. Jika sudah tiba, segeralah ACTION agar masalah itu tak berlarut-larut.

Ambil hikmahnya. Setiap masalah pasti ada hikmahnya. Tak terkecuali masalah keluarga. Jadikan itu sebagai bagian dari pembelajaran hidup yang Anda lalui. Itu pasti akan membuat Anda lebih tenang dan matang dalam mengarungi hidup.

Dalam hidup, masalah itu pastilah selalu ada. Tak pandang bulu apakah Anda orang kaya atau orang biasa. Namun bukan masalahnya yang penting, tapi bagaimana sikap Anda menghadapi masalah itulah yang jauh lebih penting.

Salam ACTION!

Kategori:tulisan
  1. 19 Oktober 2012 pukul 05:55

    masalah akan selalu ada bagi setiap orang yang masih hidup di dunia ini, tapi bagaimana kita bisa mengatasi masalah itu ” itulah yang terutama.
    tidak mungkin kita bisa pintar kalau kita tidak pernah mempunyai kemauan untuk belajar, jadi kita tidak mungkin bisa terlepas dari masalah yang kita hadapi jika kita tidak ingin mau untuk bertindak .
    banyak orang ketika mempunyai masalah malah pasrah akan masalah karena dia menganggap kalau masalah itu tidak bisa diselesaikan. itulah kelemahaan diantara kita banyak manusia.
    ketika kita baru lahir kedunia ini itu jg sudah menjadi masalah, karena apa ? karena orang tua kita sudah memikirkan masalah pakaian kita,masalah membeli baju kita,masalah cara mendidik kita tapi apakah mereka lari dari kenyataan itu? , tentu tidak’ mereka malah merasa tidak terbebani walaupun kita ini sudah menjadi beban bagi mereka mereka tetap terus berjuang dari semua kebutuhan kita baik secara jasmani maupun secara rohani.
    jadi kita harus tetap berjuang terhadap semua masalah yang kita hadapi karena masalah itu akan selalu ada dan kita harus yakin akan selalu ada jalan asalkan jalan kita tidak terputus di tengah jalan sampai pada tujuan.
    selama kita masih menginginkan udara yang segar jangan kita sesali kalau masalah datang menghampiri kita.

  2. 8 Agustus 2013 pukul 03:03

    Ahaa, its good discussion regarding this piece of writing at this place at this weblog, I have
    read all that, so at this time me also commenting here.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: