Beranda > tulisan > Jadi pengusaha itu ‘be yourself’

Jadi pengusaha itu ‘be yourself’

Bisnis itu (kuncinya) hanya satu, just do it. Nyemplung (terjun ke air), meski ga bisa berenang
 
Jakarta (ANTARA News) – Salah satu kunci kesuksesan pengusaha adalah menjadi diri sendiri (be yourself) dengan karakter yang dimiliki dan tidak hanya menjadi pengikut orang lain. “Pengikut The Beatles di dunia itu banyak, tapi The Beatles tetap satu. Jadilah The Beatles atau Rolling Stone. Jangan hanya ikut-ikutan,” kata Pemilik Agensi Saka Infosa Communication, Markus RA Prasetyo, selepas “Entrepreneur Stand Up Commedy: Suka & Duka Gue Jadi Entrepreneur” di Jakarta, Rabu.

Pria yang disapa Kepra itu mengatakan pengusaha selalu mencari inovasi dan keunikan dari diri sendiri sehingga menciptakan perbedaan dengan pengusaha atau orang lain. “Bisnis itu (kuncinya) hanya satu,
 just do it.Nyemplung (terjun ke air), meski ga bisa berenang. (Hasilnya,) sukses atau gagal, tenggelam atau akhirnya bisa mengatasi masalah,” kata Kepra.

Kepra mencontohkan dalam industri jasa penyelenggara kegiatan (event organizer/EO) setiap pemilik perusahaan mempunyai nilai-nilai tertentu yang membedakan dengan pemilik
 event organizerlain seperti kreativitas. “Tapi kenapa akhirnya seseorang (yang kreatif) terjun ke bisnis EO karena memang orang semacam itu cocok untuk bisnis EO,” kata Kepra.

Pengambilan keputusan yang khas dalam diri seseorang, menurut Kepra, juga akan menentukan perbedaannya dengan pengusaha lain di sektor bisnis apa pun dan tidak terbatas satu sektor saja. “Kalau sekedar belajar mengikuti orang lain, kita tidak akan menjadi wiraswasta, tapi menjadi profesional,” katanya.

Meskipun demikian, Kepra mengatakan meniru orang lain dalam tahap awal menjadi pengusaha bukanlah hal yang keliru. “Bahwa ketika dia berkarya (lalu) terinspirasi orang lain itu urusan lain. Tapi, saat dia tetap menjadi duplikat seseorang, dia tidak akan lebih bagus dari orang itu,” katanya.

Kepra mengatakan kewirausahaan adalah sikap yang diikuti penerapan ilmu seperti pemasaran merek ataubranding.
 
(I026)
Editor: Suryanto
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: