Beranda > tulisan > 5 Tips Menjalankan MLM secara Profesional

5 Tips Menjalankan MLM secara Profesional

5 Tips Menjalankan MLM secara Profesional.

Beberapa waktu lalu, saya sempat memposting apakah MLM itu baik atau tidak, cukup banyak yang merespon. Baik di komentar, maupun ketika berjumpa dengan saya. Macam-macam komentarnya, ada yang setuju dengan MLM, ada juga yang tidak.
Nah, saat saya tanya pada yang tidak setuju, macam-macam juga alasannya. Ada yang berpandangan negatif terhadap mlm, karena mereka pernah diprospek member suatu MLM dan kemudian terus diburu tanpa ampun. Ada lagi yang muak dengan member MLM yang tiap ketemu pasti yang diomongin mengenai MLM-nya itu dan tidak pernah membincangkan hal lain. Ada lagi yang tak suka MLM karena harus merekrut orang. Belum lagi perlu memasarkan produknya yang harganya relatif tidak murah.
Nah, ternyata hal-hal itu yang menjadi penyebab orang-orang anti terhadap MLM. Ada yang karena pengalaman bertemu dengan anggota MLM yang terlalu “bersemangat” mrospeki orang, maka jadinya anti MLM. Coba kalau ketemunya dengan anggota yang tidak demikian, mungkin pandangan orang tersebut bisa jadi akan lain terhadap MLM.
Karena itu, tips kali ini buat anda para anggota MLM agar bisa menjalankan MLM secara profesional. Agar pandangan-pandangan negatif terhadap MLM itu tak lagi terjadi.
Jangan memaksa. Seperti yang disampaikan di atas, salah satu alasan mengapa orang tidak suka MLM adalah karena ada pelaku MLM yang terlalu menggebu-gebu dalam mengajak orang untuk bergabung. Hal ini justru membuat orang yang diajak jadi antipati dan akhirnya mencap MLM sebagai bisnis yang negatif. Jadilah sebagai member MLM yang profesional. Jelaskan apa saja keuntungan yang bisa didapatkan member dan sampaikan secara menarik. Dan jangan pernah memaksa, maka niscaya orang akan lebih respek terhadap anda.
Jadilah pendengar yang baik. Kebanyakan pelaku MLM lebih sering nyerocos mengenai produk MLM-nya dan tidak pernah cari tahu apakah orang yang anda prospeki itu tertarik pada anda. Kalau biasanya anda terlalu banyak bicara, cobalah sedikit rem dan jadilah pendengar yang baik. Cari tahu apakah orang tersebut memang berminat dengan MLM yang anda tawarkan. Baru jika mereka tertarik, anda bisa prospek lebih lanjut.
Sekalipun di semua bisnis MLM dikatakan bahwa MLM bisa dilakukan oleh semua orang, namun sadarilah bahwa sesungguhnya MLM itu bukan untuk semua orang. Hanya orang-orang yang berani dan memilih jalan MLM untuk mewujudkan mimpi-mimpinya lah yang akan sukses di bisnis ini.
Hargai orang yang tak mau bergabung dengan MLM anda. Sekalipun anda merasa sudah capek ketika memprospek seseorang dan hasil akhirnya ternyata orang tersebut belum mau bergabung, tetap hargai keputusannya itu.
Tetap rawat downline anda. Jika anda sudah mendapatkan downline, jangan lupakan mereka; tapi ajari dan ajak mereka berkembang bersama anda.
Itulah beberapa tips untuk menjalankan MLM secara profesional. Coba praktekkan dan salam ACTION!

Joko Susilo

Kategori:tulisan
  1. 10 Juli 2014 pukul 17:13

    Many thanks forr a very well-researched article.
    Makes me want to start blogging all over again. Any kind of tips how greatest to get going…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: